Sebuah website hanya akan dikunjungi jika memiliki konten yang menarik. Istilah menarik sendiri cukup subjektif. Semua itu tergantung pada target audience yang ingin kalian sentuh. Tentu saja, konten yang dibuat juga harus disesuaikan dengan produk ataupun layanan yang nantinya akan ditawarkan. Karena dalam beberapa kasus, pada dasarnya konten memang dibuat untuk tujuan pemasaran. Namun dalam membuat konten, khususnya konten artikel yang menarik, peran judul artikel dalam menarik minat pembaca sangatlah besar.
Harus diingat, orang yang membuat konten tidaklah sedikit. Semua pelaku bisnis online menginginkan traffic. Mereka semua selalu berusaha membuat konten artikel yang menarik dan bermanfaat untuk mendatangkan itu semua. Demi memenangkan kompetisi dan menarik perhatian orang, tidak sedikit yang membuat judul artikel menarik bahkan sering kali sedikit menjebak (clickbait). Semua itu dilakukan demi menarik perhatian.
Media sosial bukan hanya menjadi media untuk mencari eksistensi. Media sosial juga telah menjadi salah satu lumbung informasi. Setiap harinya ada begitu banyak informasi yang disebarkan di sini. Baik itu informasi berupa status pribadi ataupun share artikel, semua bisa ditemukan di sini. Sekarang coba perhatikan artikel yang biasa di share di media sosial. Ada satu kesamaan di sana. Semua artikel yang dishare rata-rata memiliki judul artikel yang menarik.
Itu karena pada dasarnya orang memang membaca judul terlebih dahulu. Jika mereka merasa judulnya memang menarik atau setidaknya bermanfaat untuk mereka, barulah mereka akan membaca isi dari artikel tersebut.
Hal senada juga bisa ditemukan saat melakukan pencarian pada mesin pencari seperti Google. Untuk menemukan informasi tertentu, awalnya kalian akan memasukkan kata kunci. Namun saat hasil pencarian ditampilkan, hanya halaman dengan judul menarik dan paling sesuai saja yang akan dikunjungi. Seperti inilah kekuatan judul artikel.
Dengan mengoptimasi judul, konversi yang bisa diperoleh bisa meningkat hingga 40%. Meski demikian, membuat judul artikel tidak boleh asal menarik. Judul yang dibuat tidak boleh terlalu berlebihan dan harus jujur. Judul juga harus sesuai dengan isi artikel. Agar bisa membuat yang seperti ini, kalian perlu menggali lebih jauh tentang bagaimana cara membuat judul.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat judul artikel yang powerful yang saya lansir dari blog.sribu.com
Membuat judul artikel yang powerful memang tidak mudah. Butuh latihan dan waktu yang tidak sedikit untuk bisa melakukannya secara konsisten. Meski demikian, mengetahui blue print tentang cara membuat judul jelas akan sangat membantu. Setidaknya, kalian tidak perlu terlalu sering melakukan trial and error. Untuk itu, berikut cara membuat judul artikel yang powerful.
Apa yang membuat sebuah artikel terkesan lebih kredibel? Data, itulah jawabannya. Artikel yang menyertakan data di dalamnya cenderung lebih meyakinkan pembacanya dan menarik perhatian pelanggan. Kalian juga bisa menggunakannya pada bagian judul untuk mendapatkan kesan tersebut meski calon pembaca kalian belum membaca artikel secara menyeluruh.
Penggunaan angka pada judul artikel juga bisa membuat artikel tersebut terlihat lebih meyakinkan. Selain itu, penggunaan angka juga bisa memberikan gambaran kepada calon pembaca tentang berapa banyak informasi bermanfaat yang akan mereka dapatkan nanti.
Dalam beberapa studi, penggunaan angka pada judul bisa men-generate sosial share 73% lebih banyak. Penggunaan angka dalam judul artikel seperti ini ibarat permen untuk otak. Terlihat begitu menggoda.
Sering kali orang butuh alasan untuk melakukan sesuatu. Mereka juga butuh alasan kenapa mereka perlu membaca artikel yang kalian tulis. Saat mereka mengklik konten yang kalian buat, mereka pasti melakukannya karena menginginkan sesuatu. Karena itulah, tunjukkan bahwa artikel yang kalian tulis mampu memberi sesuatu yang mereka inginkan. Prinsip seperti ini wajib kalian terapkan saat membuat judul artikel.
Salah satu cara membuat judul yang efektif untuk membangun alasan tersebut adalah dengan menggunakan beberapa kata sakti seperti tips, trik, cara, fakta, rahasia, strategi dan semacamnya. Kata-kata tersebut memiliki kekuatan yang cukup besar untuk menunjukkan nilai manfaat yang ada di dalam artikel.
Artikel tidak sama dengan cerita. Orang membaca artikel untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk mereka. Akan tetapi, nilai manfaat tersebut baru bisa diperoleh setelah artikel dibaca. Lantas bagaimana calon pembaca tahu kalau artikel tersebut memang bermanfaat untuk mereka? Untuk itulah kalian harus menunjukkannya lewat judul artikel.
Konten yang bermanfaat itu pada dasarnya sederhana. Artikel tersebut harus bisa membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh pembacanya dan memberi harapan bahwa masalah mereka masih bisa diatasi. Meski demikian, bukan berarti kalian harus menggunakan kata “manfaat” secara eksplisit pada judul artikel. Pastikan saja bahwa judul yang dibuat bisa menumbuhkan unsur kemanfaatan tersebut.
Kenapa ada banyak quote yang kerap mendapatkan love oleh followers Instagram? Salah satu alasannya adalah karena quote-quote tersebut mampu membangkitkan semangat dan harapan pada orang yang membacanya. Hal serupa juga terjadi pada status “galau” di media sosial yang sering kali berkaitan dengan topik-topik cinta. Pembaca yang pernah merasakan hal yang sama pastinya akan berhenti untuk membacanya bahkan tidak segan-segan memberikan like. Karena itulah, tidak sedikit cara membuat judul yang merekomendasikan hal yang sama, yakni membangkitkan perasaan pembaca melalui kata-kata.
Beberapa perasaan yang bisa mendorong seseorang untuk membaca artikel kalian di antaranya adalah takjub, penasaran dan takut. Saat perasaan tersebut terpancing, dorongan untuk mengetahui lebih jauh akan semakin kuat. Inilah yang kemudian mendorong seseorang untuk membaca artikel kalian hingga tuntas.
Dorongan untuk mengklik judul artikel akan semakin tinggi saat kalian melibatkan pembaca di dalamnya. Salah satu teknik dasarnya adalah dengan memasukkan kata ganti orang kedua seperti “kamu” atau “kalian” pada judul. Akan lebih baik lagi jika yang kalian mention adalah nama. Efeknya tentu lebih besar lagi.
Cara membuat judul seperti ini akan mendekatkan pembaca. Mereka akan merasa dilibatkan bahkan lebih jauh lagi, merasa diperhatikan. Jika cara ini dipadukan dengan cara di atas, misalnya saja dengan menunjukkan nilai manfaat dari artikel yang kalian buat, judul artikel tersebut akan terasa semakin mengikat. Pembaca akan merasa bahwa isi artikel tersebut memang dibuat untuk mereka atau untuk orang-orang yang memiliki masalah serupa.
Cara membuat judul yang satu ini kerap digunakan oleh para penyedia jasa copywriter untuk mendorong pembacanya agar segera mengambil tindakan. Cara ini juga bisa diterapkan dalam membuat artikel non-marketing. Kalian bisa menggunakannya untuk membuat judul artikel yang bahkan tidak memiliki unsur jualan, termasuk soft selling.
Kalian bisa membangun perasaan bahwa jika orang tidak segera membaca artikel yang kalian buat dan menerapkan isinya, mereka akan menghadapi konsekuensi yang tidak mengenakkan. Karena maksud dari cara membuat judul yang satu ini adalah untuk mendorong orang yang melihatnya agar segera mengambil tindakan, yaitu melakukan klik dan membaca artikel yang dibuat, maka judul perlu dibuat lebih to-do-point.
Ada banyak keunggulan dari cara membuat judul yang satu ini. Jika dilihat dari sisi pembelajaran SEO, judul yang dibuat secara spesifik dengan menyasar niche tertentu cenderung lebih sepi kompetisi. Jadi saat ada orang yang mencari informasi spesifik yang kalian miliki, kemungkinan besar artikel kalianlah yang akan muncul.
Judul artikel yang spesifik seperti ini juga terasa lebih mengena. Misalnya saja dalam topik diet. Setiap orang tentu ingin diet yang sukses. Namun lebih dari itu, banyak juga di antara mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Karena itu jika kalian menambahkan kata-kata seperti “turun berat badan hanya dalam 1 minggu”, maka daya tarik dari artikel tersebut akan meningkat.
Penggunaan kata kunci bukan hanya bertujuan agar artikel lebih SEO friendly. Kata kunci juga bertujuan untuk memberi informasi kepada calon pembaca, khususnya inti dari bahasan dalam artikel yang ditulis.
Mengingat pentingnya kata kunci, usahakan untuk memasukkannya ke dalam judul artikel. Tapi memasukkan kata kunci ke dalam judul juga harus dilakukan dengan hati-hati.
Prinsipnya adalah buat agar penempatan kata kunci tersebut terlihat natural. Setidaknya, kata kunci harus terlihat menyatu dengan judul artikel. Jadi selain SEO friendly, judul juga masih terasa nyaman dibaca.
Contoh: "8 Cara Sederhana Untuk Mengecilkan Perut Buncit"
Pada dasarnya, prinsip utama dalam membuat judul artikel adalah memberi gambaran tentang isi artikel itu sendiri. Karena itu, relevansinya dengan isi harus diperhatikan. Alasan pembaca mau membaca artikel juga tidak lepas dari nilai manfaat yang ditawarkan lewat artikel tersebut. Itulah kenapa judul juga harus menunjukkan nilai manfaat dari artikel yang dibuat.
Dalam membuat judul artikel, sebaiknya kalian juga menghindari trik-trik clickbait yang terlalu berlebihan atau bahkan terkesan menipu. Judul seperti ini memang menarik dan mendorong orang untuk mengklik. Akan tetapi jika isi artikel tidak relevan atau bahkan tidak sesuai dengan harapan, hal tersebut justru buruk untuk bisnis. Ini juga akan berdampak pada citra brand dan perusahaan (*/srb)
Harus diingat, orang yang membuat konten tidaklah sedikit. Semua pelaku bisnis online menginginkan traffic. Mereka semua selalu berusaha membuat konten artikel yang menarik dan bermanfaat untuk mendatangkan itu semua. Demi memenangkan kompetisi dan menarik perhatian orang, tidak sedikit yang membuat judul artikel menarik bahkan sering kali sedikit menjebak (clickbait). Semua itu dilakukan demi menarik perhatian.
Alasan Pentingnya Membuat Judul Artikel yang Menarik
Media sosial bukan hanya menjadi media untuk mencari eksistensi. Media sosial juga telah menjadi salah satu lumbung informasi. Setiap harinya ada begitu banyak informasi yang disebarkan di sini. Baik itu informasi berupa status pribadi ataupun share artikel, semua bisa ditemukan di sini. Sekarang coba perhatikan artikel yang biasa di share di media sosial. Ada satu kesamaan di sana. Semua artikel yang dishare rata-rata memiliki judul artikel yang menarik.
Itu karena pada dasarnya orang memang membaca judul terlebih dahulu. Jika mereka merasa judulnya memang menarik atau setidaknya bermanfaat untuk mereka, barulah mereka akan membaca isi dari artikel tersebut.
Hal senada juga bisa ditemukan saat melakukan pencarian pada mesin pencari seperti Google. Untuk menemukan informasi tertentu, awalnya kalian akan memasukkan kata kunci. Namun saat hasil pencarian ditampilkan, hanya halaman dengan judul menarik dan paling sesuai saja yang akan dikunjungi. Seperti inilah kekuatan judul artikel.
Dengan mengoptimasi judul, konversi yang bisa diperoleh bisa meningkat hingga 40%. Meski demikian, membuat judul artikel tidak boleh asal menarik. Judul yang dibuat tidak boleh terlalu berlebihan dan harus jujur. Judul juga harus sesuai dengan isi artikel. Agar bisa membuat yang seperti ini, kalian perlu menggali lebih jauh tentang bagaimana cara membuat judul.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat judul artikel yang powerful yang saya lansir dari blog.sribu.com
Membuat judul artikel yang powerful memang tidak mudah. Butuh latihan dan waktu yang tidak sedikit untuk bisa melakukannya secara konsisten. Meski demikian, mengetahui blue print tentang cara membuat judul jelas akan sangat membantu. Setidaknya, kalian tidak perlu terlalu sering melakukan trial and error. Untuk itu, berikut cara membuat judul artikel yang powerful.
1. Gunakan angka atau data di bagian judul
Apa yang membuat sebuah artikel terkesan lebih kredibel? Data, itulah jawabannya. Artikel yang menyertakan data di dalamnya cenderung lebih meyakinkan pembacanya dan menarik perhatian pelanggan. Kalian juga bisa menggunakannya pada bagian judul untuk mendapatkan kesan tersebut meski calon pembaca kalian belum membaca artikel secara menyeluruh.
Penggunaan angka pada judul artikel juga bisa membuat artikel tersebut terlihat lebih meyakinkan. Selain itu, penggunaan angka juga bisa memberikan gambaran kepada calon pembaca tentang berapa banyak informasi bermanfaat yang akan mereka dapatkan nanti.
Dalam beberapa studi, penggunaan angka pada judul bisa men-generate sosial share 73% lebih banyak. Penggunaan angka dalam judul artikel seperti ini ibarat permen untuk otak. Terlihat begitu menggoda.
Contoh: "7 Cara Menghilangkan Lemak Berlebih dan Membentuk Otot"
2. Beri alasan agar orang mau membaca artikel kalian
Sering kali orang butuh alasan untuk melakukan sesuatu. Mereka juga butuh alasan kenapa mereka perlu membaca artikel yang kalian tulis. Saat mereka mengklik konten yang kalian buat, mereka pasti melakukannya karena menginginkan sesuatu. Karena itulah, tunjukkan bahwa artikel yang kalian tulis mampu memberi sesuatu yang mereka inginkan. Prinsip seperti ini wajib kalian terapkan saat membuat judul artikel.
Salah satu cara membuat judul yang efektif untuk membangun alasan tersebut adalah dengan menggunakan beberapa kata sakti seperti tips, trik, cara, fakta, rahasia, strategi dan semacamnya. Kata-kata tersebut memiliki kekuatan yang cukup besar untuk menunjukkan nilai manfaat yang ada di dalam artikel.
Contoh: "5 Fakta Konten Marketing yang Mungkin Belum Kalian Tahu"
3. Tunjukan manfaat dari artikel yang kalian buat
Artikel tidak sama dengan cerita. Orang membaca artikel untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk mereka. Akan tetapi, nilai manfaat tersebut baru bisa diperoleh setelah artikel dibaca. Lantas bagaimana calon pembaca tahu kalau artikel tersebut memang bermanfaat untuk mereka? Untuk itulah kalian harus menunjukkannya lewat judul artikel.
Konten yang bermanfaat itu pada dasarnya sederhana. Artikel tersebut harus bisa membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh pembacanya dan memberi harapan bahwa masalah mereka masih bisa diatasi. Meski demikian, bukan berarti kalian harus menggunakan kata “manfaat” secara eksplisit pada judul artikel. Pastikan saja bahwa judul yang dibuat bisa menumbuhkan unsur kemanfaatan tersebut.
Contoh: "Kenapa Ada Beberapa Situs yang Memiliki Peringkat Tinggi di Google Meski Tidak Melakukan Optimasi"
4. Bangkitkan perasaan dengan judul artikel
Kenapa ada banyak quote yang kerap mendapatkan love oleh followers Instagram? Salah satu alasannya adalah karena quote-quote tersebut mampu membangkitkan semangat dan harapan pada orang yang membacanya. Hal serupa juga terjadi pada status “galau” di media sosial yang sering kali berkaitan dengan topik-topik cinta. Pembaca yang pernah merasakan hal yang sama pastinya akan berhenti untuk membacanya bahkan tidak segan-segan memberikan like. Karena itulah, tidak sedikit cara membuat judul yang merekomendasikan hal yang sama, yakni membangkitkan perasaan pembaca melalui kata-kata.
Beberapa perasaan yang bisa mendorong seseorang untuk membaca artikel kalian di antaranya adalah takjub, penasaran dan takut. Saat perasaan tersebut terpancing, dorongan untuk mengetahui lebih jauh akan semakin kuat. Inilah yang kemudian mendorong seseorang untuk membaca artikel kalian hingga tuntas.
Contoh: "Hindari 5 Kebiasaan Buruk Berikut Ini Jika Ingin Hidup Sehat Hingga Usia Senja"
5. Jalin ikatan dengan cara mention pembaca lewat judul
Dorongan untuk mengklik judul artikel akan semakin tinggi saat kalian melibatkan pembaca di dalamnya. Salah satu teknik dasarnya adalah dengan memasukkan kata ganti orang kedua seperti “kamu” atau “kalian” pada judul. Akan lebih baik lagi jika yang kalian mention adalah nama. Efeknya tentu lebih besar lagi.
Cara membuat judul seperti ini akan mendekatkan pembaca. Mereka akan merasa dilibatkan bahkan lebih jauh lagi, merasa diperhatikan. Jika cara ini dipadukan dengan cara di atas, misalnya saja dengan menunjukkan nilai manfaat dari artikel yang kalian buat, judul artikel tersebut akan terasa semakin mengikat. Pembaca akan merasa bahwa isi artikel tersebut memang dibuat untuk mereka atau untuk orang-orang yang memiliki masalah serupa.
Contoh: "4 Cara Untuk Mengamankan Websitemu dari Serangan Hacker"
6. Buat judul agar lebih terkesan urgent
Cara membuat judul yang satu ini kerap digunakan oleh para penyedia jasa copywriter untuk mendorong pembacanya agar segera mengambil tindakan. Cara ini juga bisa diterapkan dalam membuat artikel non-marketing. Kalian bisa menggunakannya untuk membuat judul artikel yang bahkan tidak memiliki unsur jualan, termasuk soft selling.
Kalian bisa membangun perasaan bahwa jika orang tidak segera membaca artikel yang kalian buat dan menerapkan isinya, mereka akan menghadapi konsekuensi yang tidak mengenakkan. Karena maksud dari cara membuat judul yang satu ini adalah untuk mendorong orang yang melihatnya agar segera mengambil tindakan, yaitu melakukan klik dan membaca artikel yang dibuat, maka judul perlu dibuat lebih to-do-point.
Contoh: "7 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Ngeblog, Berapa Banyak yang Sudah Kalian Lakukan?"
7. Buat judul lebih spesifik
Ada banyak keunggulan dari cara membuat judul yang satu ini. Jika dilihat dari sisi pembelajaran SEO, judul yang dibuat secara spesifik dengan menyasar niche tertentu cenderung lebih sepi kompetisi. Jadi saat ada orang yang mencari informasi spesifik yang kalian miliki, kemungkinan besar artikel kalianlah yang akan muncul.
Judul artikel yang spesifik seperti ini juga terasa lebih mengena. Misalnya saja dalam topik diet. Setiap orang tentu ingin diet yang sukses. Namun lebih dari itu, banyak juga di antara mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Karena itu jika kalian menambahkan kata-kata seperti “turun berat badan hanya dalam 1 minggu”, maka daya tarik dari artikel tersebut akan meningkat.
Contoh: "7 Tips Diet Turunkan Berat Badan Hanya dalam Waktu 7 Hari"
8. Jangan lupa masukkan kata kunci pada judul artikel
Penggunaan kata kunci bukan hanya bertujuan agar artikel lebih SEO friendly. Kata kunci juga bertujuan untuk memberi informasi kepada calon pembaca, khususnya inti dari bahasan dalam artikel yang ditulis.
Mengingat pentingnya kata kunci, usahakan untuk memasukkannya ke dalam judul artikel. Tapi memasukkan kata kunci ke dalam judul juga harus dilakukan dengan hati-hati.
Prinsipnya adalah buat agar penempatan kata kunci tersebut terlihat natural. Setidaknya, kata kunci harus terlihat menyatu dengan judul artikel. Jadi selain SEO friendly, judul juga masih terasa nyaman dibaca.
Contoh: "8 Cara Sederhana Untuk Mengecilkan Perut Buncit"
Kesimpulan
Pada dasarnya, prinsip utama dalam membuat judul artikel adalah memberi gambaran tentang isi artikel itu sendiri. Karena itu, relevansinya dengan isi harus diperhatikan. Alasan pembaca mau membaca artikel juga tidak lepas dari nilai manfaat yang ditawarkan lewat artikel tersebut. Itulah kenapa judul juga harus menunjukkan nilai manfaat dari artikel yang dibuat.
Dalam membuat judul artikel, sebaiknya kalian juga menghindari trik-trik clickbait yang terlalu berlebihan atau bahkan terkesan menipu. Judul seperti ini memang menarik dan mendorong orang untuk mengklik. Akan tetapi jika isi artikel tidak relevan atau bahkan tidak sesuai dengan harapan, hal tersebut justru buruk untuk bisnis. Ini juga akan berdampak pada citra brand dan perusahaan (*/srb)
Post A Comment:
0 comments: